Sabtu, 26 Mei 2012

Jambore UPK


Maros, 09-11 Mei 2012 .  Jambore UPK  merupakan suatu kegiatan Program PNPM  untuk meningkatkan kapasitas Unit Pengelola Kegiatan, rutin dilaksanakan satu kali dalam setahun. Kegiatan ini juga dapat menjadi  tolak ukur kinerja Unit Pengelola Kegian sebagai pelaku PNPM di tingkat Kecamatan.
Salah satu hal yang akan di reviuw di Jambore ini adalah  perkembangan Kelompok SPP sebagai binaan dari UPK .

  
     Tahun ini pelaksanaan Jambore UPK di pusatkan di Kabupaten Maros, kegiatan Jambore UPK berlangsung selama tiga hari   dengan agenda kegiatan Pameran dan Seminar.
Stand Pameran UPK PNPM-MPd Kab Enrekang
    Dengan semangat bangga membangun desa,UPK PNPM Kab Enrekang  hadir di Jambore UPK kali ini dengan menyertakan delapan  orang  wakil  UPK dari setiap Kecamatan yang mendapatkan alokasi  PNPM-MPd, juga turut serta FASKAB dan FASTEKAB. PNPM MPd Kab.Enrekang.
  Pada pelaksanaan pameran,stand UPK PNPM-MP Kab.Enrekang,memamerkan berbagai jenis hasil produksi pertanian dan industry kecil/rumah tangga dalam binaan kelompok SPP dengan ciri khas Enrekang Massenrempulu, diataranya ada  Baje’ Kotu,Dodol Malino,Kripik Dangke beserta Dangkenya, dll. Untuk hasil pertanian ada Beras Ketan Merah (Pulu’ Mandoti),Kol,Tomat,BuahMahkota Dewa,Bawang Merah(Bawang Goreng),Salak dll semua nya di datangkang langsung dari kecamatan tempat di produksinya. 



Kunjungan Wakil Gubernur Sul-Sel di Stand Pameran UPK Kab.Enrekang
Selama acara pameran berlangsung ada beberapa jenis produksi yg jd primadona pengunjung,,diantaranya Buah Salak, Dangke(susu sapi yg di bekukan) bahkan untuk produksi  Dangke, Bpk Wakil Gubernur saat kunjungannya ke Stand UPK Kab.Enrekang  memborong sisa Dangke yg masih ada.
 
Jika dibandingkan dengan acara Jambore UPK di tahun lalu,pameran hasil produksi UPK PNPM Kab.Enrekang kali ini lebih mendapatkan respon dari pengunjung,dimana barang-barang pameran lebih cepat habis.
Acara pameran ini di tutup sore hari,selanjutnya acara seminar di hari ke dua,adapun seminar tersebut secara resmi di buka oleh PJOK Provinsi ,inti acara yang kami tangkap di acara seminar , ialah bagaimana pola pengembangan SPP .
Dan yang menjadi narasumber dalam seminar adalah perwakilan dari  Bank Rakyat Indonesia, selanjutnya dalam sesi acara share pendapat, perwakilan dari  UPK menyampaikan keluhan keluhan yang terjadi selama ini mengenai pelayanan Bank BRI sebagai mitra PNPM. Perwakilan UPK mengharapakan agar Bank BRI lebih meningkatkan pelayanannya terhadap UPK dalam hal proses pencairan dan pembukaan rekening dimana selama ini UPK merasa di persulit dalam proses tersebut.
      Selanjutnya,di dalam seminar  Bapak PJOK Provinsi menyampaikan, "agar segera di usahakan UPK  mempunyai legitimasi , landasan hukum sebagai salah satu organisasi/lembaga yg diakui karena sampai saat ini baru BKAD yg sudah ada payung hukumnya.
Suasana Stand Pameran UPK PNPM-MPd Kab Enrekang
Sampai dengan bulan Maret 2012 jumlah UPK di Provinsi Sul-Sel  sebanyak 261 buah di 21 Kabupaten jadi sangat disayangkan nantinya setelah proram  berakhir, UPK ini tidak jelas arahnya" demikian di sampaikan Bpk PJOK Provinsi.
Selajutnya kami informasikan Data Kelompok SPP Tahun 2012 untuk Kabupaten Enrekang,Jumlah Kelompok sebanyak 311,Anggota kelompok 3,100 dengan jumlah pinjaman Rp 5,398,681,258. Adapun total Dana yg dikelola (Total Asset Dana Bergulir:Kas,Bank dan Pinjaman) Rp 8,496,777,413,Tingkat Prosentase Pengembalian  97.90 %, Total Tunggakan  Rp 436,201,380 (1%), dan satu kebanggaan sekaligus motivasi  UPK Kab Enrekang, dimana untuk data pertumbuhan modal dana SPP  Kab.Enrekang  jadi yg paling tinggi pertumbuhannya sd  tahun ini, Modal Awal  Rp 5,709,607,843 Jumlah Dana saat ini Rp 8,496,777,413 prosentase pertumbuhan modal sebesar  49%. (sumber data diambil dari modul seminar Jambore UPK 2012)
Setelah seminar secara resmi di tutup oleh PJOK Provinsi ,berakhir pula seluruh rangkaian kegiatan Jambore UPK tahun ini.
Harapan segala bentuk dinamika dari kegiatan Jambore kali ini ,menjadi bekal di Jambore berikutnya.
 By Masry Tamar Jaya ( Sekretaris UPK Kec.Baraka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar